Sabtu, 31 Agustus 2013

10 Tips Ampuh dan Alami Menghilangkan Ketombe

Tak bisa dipungkiri jika kita memiliki ketombe di kulit kepala pastilah sangat menyebalkan dan membuat kita malu. Rasa gatal yang ada pun dikulit kepala membuat kita sering mengaruk kulit kepala karena rasa gatal, dan serpihan putih pun bakalan jatuh ke bahu. Bagi yang memakai baju hitam pasti sangat terganggu penampilannya. Ketombe dapat membuat rambut jadi kusam dan memicu kerontokan

Berikut adalah cara alami mengatasi ketombe yang membandel pada kulit kepala:
1. Jeruk Nipis
Campurkan 100 ml air jeruk nipis dengan 100 ml air perasan buah nanas dan 100 ml santan kemudian aduk rata. Hasil campuran dibasuhkan ke rambut sampai membasahi kulit kepala secara merata. Bilas rambut menggunakan sampo. Secara rutin lakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu.

2. Daun Pandan
Cuci daun pandan hingga bersih sebanyak 5-7 daun. Haluskan daun pandan dengan cara ditumbuk ataupun digerus kemudian dicampur dengan setengah gelas air kemudian diperas. Basuh air perasan ke rambut sampai menyentuh kulit kepala. Tunggu kurang lebih selama setengah jam kemudian bilas sampai bersih.

3. Jus Apel
Buatlah jus apel dengan jumlah apel kurang lebih 3 buah. Campur ekstrak apel dengan air hangat secukupnya dan aduk sampai rata. Gunakan untuk keramas dan tunggu sekitar 15 menit sebelum rambut dibersihkan.

4. Lidah Buaya
Tumbuk bagian daging lidah buaya sampai halus. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 15 menit sebelum dibersihkan.

5. Kangkung
Seikat kangkung direbus ke dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa setengahnya saja. Setelah dingin kangkung diremas-remas agar sarinya keluar. Oleskan pada kulit kepala dan tunggu sekitar 30. Air rebusan kangkung gunakan untuk membasuh rambut. Bersihkan rambut dengan air hangat atau keramas dengan sampo yang cocok dengna kulit kepala anda

6. Baking Soda
Soda ternyata bermanfaat bagi kesehatan rambut anda. Cara pemakaiannya cukup mudah, anda tinggal mencampurkan baking soda dengan shampo dan gunakanlah untuk keramas anda.

7. Cuka putih
Larutkan secangkir cuka dan air, lalu tuangkan ke kulit kepala. Lakukan saat Anda berkeramas dan pada bilasan terakhir. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dipanaskan kemudian dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Bungkus rambut dengan handuk selama setengah jam kemdian bilas sampai bersih.

9. Minyak Kelapa
Pijir kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa sebelum anda tidur. Tutup rambut menggunakan handuk selama 30 menit. Bilas sampai bersih.


10. Minyak Almond
Minyak almond dioleskan ke kulit kepala sampai rata sambil dipijat-pijat. Celupkan rambut ke dalam air hangat kemudian tutup selama setengah jam. Bilas sampai bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar